purpose of living

nah, kmrn kan gw nyebut-nyebut tentang tujuan gw masuk psiko, kayaknya gw bertanggung jawab buat ngejelasin ya apa tujuan gw! heheh! ok, gw mulai skrg!

sebetulnya, semua berawal dari baca komik naruto. ok, silaken tertawa, people! itu reaksi wajar dari orang-orang! gw sudah biasa! heheh! nah, knp? waktu itu, pernah ada kata-kata (gw lupa siapa yang ngomong), "dia ga tau apa alesan dan tujuan dia hidup, semua orang butuh alesan dan tujuan buat idup." cascados! kata-kata itu bener-bener ngena buat gw! karena gw baca komik itu wkt SMP (terus?) dan wkt itu gw masih mati-matian ngejar nilai tanpa tau apa tujuan gw. dari situ gw kepikiran, apa alesan dan tujuan gw dalem idup? gw pikir buat bikin orang tua gw bangga dengan segala nilai bagus gw. tapi apa iya gw mau keberadaan hidup gw cuma dinilai dari angka-angka yang tertulis dalem selembar kertas?

gw baru sadar waktu SMA kemaren. terutama sejak nilai gw ancur-ancuran. gw ngerasa bokap gw jadi ga ngehargain gw. dari situ gw mulai mikir, dengan nilai gw yang kayak gini, apa tetep bisa nilai gw jadiin tujuan idup? man, sedih abis kalo idup gw cuma berdasarkan deretan angka. akhirnya gw sempet idup kayak zombie, setiap hari berlalu gitu aja tanpa ada kesan. akhirnya pertanyaan gw kejawab waktu gw nonton oprah, alesan gw buat masuk psiko. di situ gw ngeliat ada seorang psikolog yang nolong hidup seorang anak yang bener-bener udah ancur-ancuran...! dari situ gw inget, udah banyak banget hal dan orang-orang yang menginspirasi gw dalem kehidupan gw, sadar maupunb ga sadar. mereka ga tau betapa mereka udah nyelametin idup gw di saat-saat yang kritis. akhirnya gw memutuskan, gw mau hidup buat nolong orang lain, gw mau hidup buat orang lain.

mungkin kita sering ga sadar ya, tapi kadang sebuah sapaan dan senyuman, hal-hal kecil macem gitu bisa nolong hidup seseorang. contoh, seandainya ada orang yang lagi bener-bener stres banget, dia ngerasa hidup dan keberadaannya dia ga berharga, terus ada yang nyapa atau senyum ke dia. sebetulnya itu nolong dia bgt! krn knp? dia merasa ga ada yang sadar sama keberadaan dia dan ga bakal ada yg peduli seandainya dia ga ada sekali pun, tapi dgn kita nyapa atau senyum ke dia, itu nunjukin kalo kita sadar dia ada dan kita peduli, walopun itu cuma sekedar hal kecil. karena gw pernah ngalamin sendiri gimana rasanya.

karena itulah, gw memutuskan gw hidup buat orang lain. bukan sekedar main-main. ok, emang seringkali gw egois, gw akuin itu. excuse gw adalah gw masih anak-anak dan masih dalam tahap pembelajaran. yah, begitulah ngalor ngidul gw sekarang. yang penting menurut gw, jangan pernah nganggep remeh suatu bacaan, komik sekali pun! karena maknanya bisa sangat dalem tergantung dari sudut mana kita ngeliatnya dan apa kita mau memikirkannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

5 thougth(s):

Queen Nay said...

nicely done sis, i love the way you choose your way of life. good job beneran deh gue mengatakan ini. i love the way you change your mind too, dan gue adalah saksi hidup. *applause*

W said...

heheh! thx, nyai!
ntah knp tiba2 gw merasa kayak dapet pencerahan gt! heheh! moga2 ini emang jalan yg terbaek!

Erika said...

yes ayo ne! kamu pasti bisa amiin! hehe. by to the way, mungkin psikolog is not my way ihihih

nezz said...

hmmm.. jadi itu tooh alesan masuk psiko?? seenggaknya bukan alasan klise tiap orang masuk psiko.. jadi applause buat lo..
semangat yaaa!!!

W said...

@erika: hha! thx ya, rik! jalan gw msh panjang bgt ni!

@kak inez: hha! dulu wkt SMP emang alesannya krn byk dicurhatin, tp skrg aku sadar ada makna lain yg lbh dr sekedar sering dicurhatin!