Sekolah oh Sekolah

Haaaaa!! Akhirnya selesai juga try out-nya! Mana hari terakhir ini jadwalnya biadab banget coba! Bayangin aja, fisika ama kimia! mana yang mau gw pelajarin!? Dua-duanya sama-sama ribet! Tau ah entar gimana hasilnya! Hha! Btw, udah H-3 SIMAK ni! Deg-degan, cing! Hhay! Tapi tetep aja maksain nge-net! Heheh! Padahal ujian gw IPS ni, dasar IPA murtad males!

Sedikit banyak ada rasa bebas udah selesai TO, walopun ini baru TO kedua dan masih ada dua TO lagi. Ga tau ya, tapi gw agak lebih tegang ngadepin UAN daripada SIMAK. Bukannya mau sombong, gw malah tambah takut, biasanya ujung-ujungnya ga enak kalo feeling gw gini. Mana guru-guru di kelas kebanyakan pada hobi neken murid-muridnya pula, ntah dengan ngebego-begoin, atau dengan nakut-nakutin. Nakut-nakutin gimana? Ya gitu, dengan ngomong, "Ayo, UAN sebentar lagi! Belajar yang bener! Kalo nilai kalian kayak gini terus gimana mau lulus!?" Buat yang udah lulus atau baru mau ujian pasti pernah denger kata-kata ini kan? Beberapa guru yang selalu ngajar dgn bener sih ga masalah kalo ngomong gitu, tapi ada juga guru yang, yah, menurut gw sih ga kompeten ikut-ikutan ngomong gitu. Bukannya mau nyalahin tu guru sih (karena guru-guru jarang ada yang mau disalahin), cuma ya kesel aja dengernya! Kalo dia ngajar udah maksimal dan bener, ngomong kayak gitu ga masalah! Tapi kalo gw ngomong gini dan ada guru yang baca, kemungkinan besar komentarnya,"Yah, kalo gitu salah kamu-nya, belajar sendiri kan juga bisa. Jangan tergantung ama guru dong!" Kalo gitu ngapain sekolah? Bisa belajar sendiri kan? Apa bedanya? Esmosi gw! Hha!

Sekarang sekolah tu menurut gw lebih ke formalitas buat dapet ijasah doang. Tanya deh, berapa banyak anak-anak sekolah yang ikut bimbel, udah ga keitung!! Kenapa? Bukan karena anaknya lemot atau apa, tapi kayaknya lebih ke guru-gurunya. Well, bukan cuma guru sih, secara sekarang pelajaran juga ngebut bgt. Sementara waktu yang ada cuma sedikit banget. Gw ga ngerti apa yang ada di pikiran orang-orang yang ngerancang kurikulum, tapi sebetulnya apa sih yang mereka arepin? Katanya buat 'dapet sumber daya manusia yang semakin berkualitas'. Centong! Banyak yang lulus karena nyontek, beli jawaban, dapet bocoran, bahkan ada yang nyogok! Nah, kalo gitu apa dong? Bahkan katanya ada kan pejabat-pejabat yang beli ijasah. Jadi apa yang dicari? Ilmu apa nilai? Jelas pasti jawabnya ilmu ya, kalo udah punya ilmu bisa dapet nilai. Tapi HALO!? Entah otak gw doang atau semua orang juga gini, tapi kayaknya kadar memori otak gw terbatas deh! Kayaknya emang gw yang terbelakang sih... Heheh...!

So what's the point of school?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 thougth(s):