UAN (Ujian Amat Najong)

Ini seharusnya gw post kemaren, setelah mtk...

Sekali lagi, lagi2... Materi ujian melenceng dr skl...!! BRENGSEK!!!! Beda jauh bgt dari taun lalu. Ga ada bedanya ama try out! Ga deng, mendingan try out, masih sesuai skl...

Gw ga ngerti maunya pemerintah, terutama diknas, apaan. Mereka bilang uan buat penyetaraan kemampuan, standar kelulusan nasional. Tapi apa!? Lu musti baca sendiri soalnya kayak apa!! Man! Asli biadab! Dan bukan cuma gw yg ngomong gitu, hampir semua (well, mungkin semua, tapi kan ga boleh pukul rata seenak jidat aja) temen2 gw juga komentarnya sama! Yang nyebelinnya lagi, selain ada soal yg emang blm diajarin, ada juga soal2 yg ampe botak juga ga ketemu jawabannya!!

Entah apa yg ada di pikiran orang2 yg bikin itu soal... Gw penasaran, apa mereka masih punya perasaan? Kalo soalnya kayak gini, mau berapa orang yg lulus? Man, soal taun lalu yg lbh gampang aja udah banyak yg ga lulus, apalagi sekarang? Gw ngerasa kotor bgt ikut ujian ini. Kenapa? Karena menurut gw ga ada gunanya, cuma salah satu sarana buat oknum2 pemerintah supaya bisa dpt 'dana tambahan'.

Coba deh, katanya ujian penyetaraan, tapi apa iya semua sekolah bisa disetarain? Kalo dipikir-pikir, menurut gw setiap sekolah punya standarnya masing2 dalem pelajaran. Karena murid2nya heterogen, sama heterogennya kayak kemampuannya. Bahkan dalem satu sekolah aja belum tentu semua kemampuannya sama, apalagi satu negara. Kalo uan nentuin bisa masuk universitas atau ga, okelah kalo harus ada penyetaraan, kayak SD n SMP gitu kan. Tapi kalo SMA? Hell to the O! Dikira ujian kurang banyak apa!? Segala macem ujian masuk PTN n PTS dikira gampang apa!? Sebetulnya UAS ama ujian praktek aja udah cukup buat anak SMA. Biar sekolahnya masing2 yg nentuin standar kelulusannya sendiri. Biar ntar perguruan tinggi aja yang nyaring dan nyetarain. Itu pendapat gw.

Selain itu, kayaknya UAN skrg cuma angin lalu aja buat pemerintah. Mereka lagi pada sibuk soal pemilu. Heh, kita, murid2, anak2 sekolah, cuma dianggep mainan ama mereka. Masa depan, harepan, ama cita2 kita cuma sarana korup mereka (buat yg merasa oknum). Itulah negara kita. Negara yang HARUS kita jaga, negara yg HARUS kita terusin sebagai generasi penerus, negara yg HARUS kita cintai, negara yang nganggep remeh segala cita2 generasi penerusnya. Dan mereka nuntut kita buat cinta ni negara gitu? I'd rather kiss my dog's ass!

Ok, gw yakin yang baca ini pasti bkl nganggep gw hiperbol. Gw juga tau, gw mungkin emang hiperbol, terutama kalo lagi emosi. But believe me, open ur eyes n ur mind, and u'll see what i see.

Gw cuma pengen ngasi sesuatu buat bonyok gw. Ga lebih. Gw cuma pgn bikin mereka bangga punya anak gw. Itu aja. Titik. Gw ga mau mereka ngerasa percuma ngeluarin uang segitu banyak buat nyekolahin gw selama ini. Ini juga yg jadi alesan gw ga beli segala macem 'tetek-bengek' ujian. Gw pgn nunjukin ke mereka kalo mereka sama sekali ga percuma keluar uang sebanyak itu. Man, gw ga bakal sanggup bayar kalo tiba2 bonyok gw minta semua uangnya diganti.

Itu UAN di mata gw. Itu hidup gw yg bergantung ama UAN ini. Itu setitik kecil komentar dari sekian banyak titik2 lain yg ikut ujian ini. Dan itu salah satu kehidupan yg mungkin bakal dirusak sama UAN.

Gimana hidup dan UAN lu?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 thougth(s):