Dear Diary...

ok, judul kali ini sangat girly, gw akuin itu. jujur, kalo nulis diary, gw udah ga make kata-kata itu lagi sekarang. heheh. konyol rasanya kalo make kata itu, kesannya kita kayak lagi ngomong sama diary. diary=buku=kertas. apa bedanya sama ngomong sama tembok? okok, skrg omongan gw mulai ngelantur agak jauh dari apa yang sebenernya pengen gw omongin. inti dari diary.

dulu gw pikir diary adalah sarana gw buat curhat. yah, sebetulnya emang itu juga, tp sekarang gw sadar, ada makna lain dari itu. diary ngajarin kita buat jujur sama diri kita sendiri. sadar ga sadar, kadang lebih sering kita boong sama diri kita dibandingin sama orang lain. ironis, tapi setelah gw pikir-pikir mungkin itu emang bener. yah, coba deh, berapa kali kita nyoba nyangkal perasaan kita? berapa kali kita ga ngederin suara nurani kita yang mungkin udah teriak-teriak supaya kita denger? semua kita sangkal dengan bilang, "ah, cuma feeling gw aja kali". yah, seringkali justru feeling kita inilah yang bener. bener kayak apa kata Nyai, orang yang spontan adalah orang yang jujur dan sebenernya baik.

nah, menurut gw, diary bisa ngebantu kita buat ngebuka diri, buat pelan-pelan bersentuhan lagi sama nurani kita, sama perasaan kita yang paling alus dan paling ketutup. benda itu bisa ngebuat kita ngungkapin hal-hal yang ga berani kita ungkapin di luar. walopun ga bisa jujur sama dunia luar dan ngungkapin pendapat kita keras-keras, seengganya kita bisa nyimpen pendapat kita dalem bentuk tulisan kan? soalnya kalo disimpen dalem otak aja ga bakal awet lama kan? padahal seringkali kita nyimpen ide-ide brilian yang sayang banget kalo dibuang gitu aja. contoh, kayak waktu gw bilang tentang kemungkinan dino-dino di laut masih bisa bertahan idup ampe skrg setelah kejadian bencana alam dulu itu (kayaknya kalimat gw ga efektif bgt ya! hha!), dan diketawain (atau bahkan mungkin dianggep gila, gw ga peduli). ternyata apa? bener kan teori gw!? untung itu dulu gw tulis! heheh! nah, yang kayak gitu-gitu. diary ngebuka diri kita terhadap diri kita sendiri, dan kita akhirnya mungkin bisa ngebuka diri sama orang lain. dengan begitu, mungkin mata kita bisa lebih terbuka dalam ngeliat latar belakang dari sikap-sikap dan sifat-sifat orang-orang yang ada di sekitar kita. yah, itu sih yg gw rasain skrg ttg apa itu diary. dulu gw ga tau manfaatnya karena gw make diary cuma buat ngebuang perasaan marah atau jatuh cinta yang terlalu menggebu-gebu, sampe akhirnya gw ga ngeliat makna aslinya.

dalem dunia nyata, seringkali kita takut dicela orang lain atas pendapat atau sikap kita. sementara dalem diary, kita yakin ga bakal ada yang nyela kita, kecuali kalo ada yang baca. dan biasanya cewe lah yang paling sering ngerasa gitu. itulah kenapa banyakan cewe yang nulis diary dibandingin cowo. egh, gw bahkan ga yakin ada cowo yg nulis diary. kenapa? karena cowo jauh lebih jujur dalem ngungkapin pendapatnya dibandingin cewe, pengecualian buat cowo yang bener-bener introvert ya. menurut gw, cowo lebih cuek dalem nanggepin pendapat orang lain, yang penting mereka nyaman. kebalikan dari cewe, mereka nyaman kalo lingkungannya nyaman dan nerima dia.

yah, kayaknya segitu aja dulu ngalor-ngidul gw...! heheh! maap kalo acak-acakan bgt post gw yang kali ini! heheh!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 thougth(s):

Queen Nay said...

ih berasa main persona lagi ngelawan shadow, hahah.. jujur sama perasaan ya? i dunno what is it all about, yg jelas itu susah banget. tapi jadi terbuka nih mata gue, wow..

W said...

heheh! yah, begitulah! emang susah, gw ga bilang gampang... skrg pun gw msh dalam proses pembelajaran ko!